Terapi Nutrisi Obat Herbal Oligoasthenoteratozoospermia

Terapi Nutrisi Obat Herbal Oligoasthenoteratozoospermia adalah pembahasan kali ini selain Nutrisi Obat Herbal Oligoteratozoospermia  kemarin juga tentang Oligoasthenoteratozoospermia. meski namanya mirip tapi gejala gangguannya berbeda.

Oligozoospermia adalah penurunan konsentrasi spermatozoa di bawah 15 juta / ml atau jumlah total spermatozoa di bawah 39 juta (kriteria WHO 2010). Oligozoospermia biasanya berhubungan dengan motilitas gangguan (asthenozoospermia) dan perubahan morfologi sperma (teratozoospermia). Dengan demikian, kondisi ini disebut oligoasthenoteratozoospermia, temuan yang paling sering dalam sperma pria subur. Dalam Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang perubahan sperma membaca posting kami sebelumnya di App Pria "Memahami analisis air mani" .


Jika Anda memiliki oligoasthenoteratozoospermia, urolog akan melakukan beberapa studi untuk mencoba mengidentifikasi penyebab, dan melihat apakah ada pengobatan yang mungkin. Sayangnya, penyebab yang jelas dengan pengobatan tertentu dapat ditemukan pada 10-20% kasus. Sering, penyebabnya tidak teridentifikasi (oligoasthenoteratozoospermia idiopatik), atau jika diidentifikasi, tidak ada pengobatan. Dalam situasi seperti itu, adalah mungkin untuk memberikan pasien dengan beberapa rekomendasi umum untuk meningkatkan kualitas sperma, dan pengobatan empiris dapat dimulai berdasarkan zat antioksidan, anti-estrogen, atau kombinasi keduanya. Dalam kasus di mana kualitas air mani sangat miskin (oligoasthenoteratozoospermia parah) hampir selalu ada beberapa jenis kerusakan testis ireversibel, dan tanggapan terhadap perawatan ini terbatas. Pada akhirnya, dalam banyak kasus itu perlu untuk menggunakan bantuan teknik reproduksi. Jadi skema untuk pengobatan adalah sebagai berikut:

Terapi Nutrisi Obat Herbal Oligoasthenoteratozoospermia

Pengobatan diketahui penyebab dari oligoasthenoteratozoospermia


  • Hipogonadisme hipogonadotropik: terjadi karena kegagalan LH dan FSH produksi oleh hipofisis dan hipotalamus (kelenjar otak). Testis yang normal tetapi tidak menerima stimulus hormonal yang diperlukan untuk memproduksi testosteron dan sperma. Jenis hipogonadisme bisa disebabkan hipofisis atau hipotalamus penyakit, obat, hormon, atau steroid anabolik. Dalam kasus ini, testis biasanya menyimpan ukuran normal dan dapat memiliki fungsi mereka dikembalikan dengan pengobatan hormonal FSH dan LH.
  • Hiperprolaktinemia: adalah peningkatan prolaktin darah, hormon hipofisis. Ringan dan sementara meningkat dapat terjadi secara fisiologis pada saat stres atau karena ganja atau obat lain. Peningkatan yang signifikan biasanya karena tumor hipofisis, yang dapat dideteksi dengan melakukan magnetic resonance imaging (MRI) dari sella (area otak di mana kelenjar hipofisis terletak). Dalam kasus ini, pengobatan terdiri dari pembedahan, terapi obat, atau terapi radiasi.
  • Hyper / hipotiroid: hipotiroidisme, dan terutama hipertiroidisme, dapat menghasilkan penurunan penting dalam produksi sperma (oligozoospermia) dan infertilitas. Sebuah pengobatan yang tepat oleh seorang spesialis dalam endokrinologi menggunakan hormon tiroid dalam kasus hipotiroidisme atau obat anti-tiroid dalam kasus hipertiroidisme dapat menormalkan analisis semen.
  • Varikokel: mempelajari lebih lanjut tentang implikasi dalam kesuburan pria di posting sebelumnya di App Pria "Apa varikokel?" .
  • Infeksi saluran kemih dan prostatitis: kuman dalam urin atau air mani yang mungkin mengganggu motilitas sperma, morfologi dan kemampuan untuk membuahi karena fragmentasi DNA pada spermatozoa. Pengobatan dengan antibiotik, obat antiinflamasi dan antioksidan dapat meningkatkan kualitas air mani. Pelajari tentang prostatitis di posting sebelumnya kami "Prostatitis: radang prostat pada setiap usia" .
  • Racun: alkohol, tembakau, obat-obatan, pekerjaan dan racun lingkungan, suhu tinggi dekat skrotum, beberapa obat gonadotoxic, atau pelumas vagina yang berbahaya bagi sperma. Menghindari mereka adalah wajib. Baca lebih lanjut di "Pengaruh racun pada kesehatan sperma" .
Terapi Nutrisi Obat Herbal Oligoasthenoteratozoospermia


Pengobatan empiris untuk oligoasthenoteratozoospermia

Ketika penyebab oligoasthenoteratozoospermia tidak diidentifikasi, tidak ada pengobatan, atau pengobatan telah gagal, kursus pengobatan dapat dimulai. Obat ini harus selalu disertai dengan rekomendasi umum untuk meningkatkan kualitas air mani:

  • Hindari alkohol, tembakau, dan obat-obatan. Operator racun mengurangi produksi sperma.
  • Jika Anda berada dalam kontak dengan produk beracun di tempat kerja, melindungi diri sendiri dengan benar. Testis sangat sensitif terhadap semua jenis bahan kimia beracun, terutama herbisida atau insektisida.
  • Hindari panas yang berlebihan di daerah skrotum. Gunakan longgar hari pakaian dan malam. Hindari mandi panjang, sauna, atau air panas. Cobalah untuk tidak duduk untuk waktu yang lama. Testis harus berada pada suhu yang sesuai.
  • Hindari stres sebisa mungkin, yang juga dikenal untuk menyakiti produksi sperma.
  • Melakukan beberapa latihan, itu sehat dan membantu mengurangi stres. Namun, hindari olahraga berat dan program yang berlebihan karena mereka dapat menjadi kontraproduktif. Weekend bersepeda tidak berbahaya tetapi dapat jika itu adalah bagian dari latihan sehari-hari.
  • Secara umum, memiliki gaya hidup sehat dan makan "alami". Makan banyak buah-buahan dan sayuran karena mengandung banyak antioksidan dan mengurangi lemak. Hindari produk prefabrikasi dan minuman dengan bahan pengawet atau aditif.
Oligoasthenoteratozoospermia idiopatik menyumbang 30-40% dari semua kasus dan mungkin karena beberapa penyebab termasuk:

  • Oksidatif stres: radikal bebas fragmen DNA sperma oksigen dan mengurangi kemampuan spermatozoa pemupukan.
  • Estrogenik lingkungan: polusi dan makanan memiliki pengganggu hormon yang dapat menyebabkan gangguan hormonal yang berbahaya bagi sperma.
    Untuk memerangi faktor-faktor ini antioksidan dan anti-estrogen adalah dua kelompok obat utama yang digunakan sebagai pengobatan empiris dalam oligoasthenoteratozoospermia idiopatik, dan ketika pengobatan khusus telah gagal. Pengobatan yang diberikan harus dilanjutkan selama minimal tiga bulan, yang merupakan waktu yang dibutuhkan sperma untuk matang. Biasanya, dokter mungkin sarankan mulai pengobatan dan setelah tiga bulan mengulangi spermiogram Anda. Jika Anda meningkatkan, dokter mungkin menyarankan Anda melanjutkan pengobatan, dan jika Anda tidak memperbaiki, berhenti dan dibantu teknik reproduksi yang ditawarkan.

Kelompok pertama obat dengan efek menguntungkan pada kesuburan adalah antioksidan. Banyak pil komersial atau merek dagang bubuk yang tersedia di pasar, mereka semua menggabungkan beberapa hal sebagai berikut:

  • Vitamin E dan C.
  • Mineral: selenium, seng, tembaga dan lain-lain.
  • Antioksidan lain: karnitin, Gluthatione, asam folat, enzim co Q10, dll
Kelompok kedua obat yang berguna adalah anti-estrogen, seperti tamoxifen atau clomiphen. Dalam beberapa kasus, antioksidan dan anti-estrogen dapat diberikan bersama-sama sehingga manfaat pasien dari dua mekanisme aksi.

Kesimpulannya, hanya beberapa penyebab oligoasthenoteratozoospermia memiliki pengobatan khusus. Dalam sisa kasus rekomendasi umum untuk meningkatkan kualitas sperma bersama dengan antioksidan dan anti-estrogen yang direkomendasikan. Jika Anda mencoba untuk hamil, pertama mempertimbangkan rekomendasi umum, dan mencari nasihat medis jika kehamilan tidak tercapai.

Konsultasi dan Terapi nutrisi obat herbal Oligoasthenoteratozoospermia

Untuk memudahkan kami gunakan format berikut untuk konsultasi :

Nama :
Usia :
Usia pernikahan :
Keluhan  :
Riwayat dan hasil pemeriksaan analisis sperma :
Riwayat pengobatan :
Riwayat menderita penyakit kronis :

IYAN SUGYANA
BBM CENTRE. 5D93BA39 --- SMS CENTRE. 087 829 120 877
email: iyansugyana@gmail.com

Catatan : Layanan konsultasi ini bukan menggantikan pemeriksaan dokter